Saturday 20 August 2011

Cheesecake marbled Brownies & Brownies kukus Ketan Hitam



Alhamdulillah memasuki Bulan suci Ramadhan kali ini, bersama teman-teman di LBT, kita adakan Event yang berbeda dengan Monthly Event LBT, event kali ini yaitu Ramadhan Charity. Semoga keikhlasan yang kita berikan, berarti dan bermanfaat bagi yang berhak. :)

LBTers TERIMAKASIH atas support dan partisipasinya ^_^

Untuk event ini, Alhamdulillah.. Kaka ipar dan salah satu teman di sini mensupport juga pesan Brownies dan Roll Cake. Sewaktu membuat Roll Cake aka Bolu gulung, ada tragedi.. si bolu ketebelan dan pas di gulung.. pecahhhh.. hu hu hu ( Pengalaman berharga ) .. dan bikin kedua kalinya.. lancar jaya.. *legaa* :) Tapiii... gak sempet ke photo.. krn temenku yg pesen dah nunggu di depan pintu.. heheh :D

Untuk event LBT RC ini, untuk Kaka Ipar : Cheesecake marbled Brownies, resep hasil gabungan dari beberapa source. Alhamdulillah, Kaka ipar dan suami minta di buatkan lagi ... krn CMB ini utk keluarga sendiri, jadi bisa dengan santai di photo" dulu :D

Cheesecake marbled Brownies
Vivi Nowotny

Bahan :
110 gram Butter / Margarine
100 gram unsweeted chocolate / DCC, cincang. ( saya gunakan Lindt 85% cacao )
110 gram Tepung terigu serba guna / protein sedang
180 gram Gula castor
2 butir Telur
20 ml Yoghurt / Buttermilk / Susu
1/4 sdt Vanilla
30 gram Almond / Kacang mete / Walnut cincang ( Optional )

Bahan Cheesecake :
175 gram Creamcheese ( saya gunakan Philadelphia )
1 butir Kuning telur
50 gram Gula castor
1/4 sdt Vanilla

Caranya :
1. Mebuat Cheesecake : Kocok semua bahan, menggunakan mixer kecepatan medium hingga lembut ( sebentar ). Sisihkan
2. Panaskan Oven 170 °C dan olesi tipis loyang ( saya gunakan loyang loaf 22 cm ) dan taburi tipis dengan tepung. sisihkan.
3. Membuat Brownies : Ayak teung terigu. Sisihkan
4. Double boil butter dan cokelat, yaitu gunakan wajan atau panci berisi sedikit air dan taruh di atasnya panci / wadah yang berisi butter dan cokelat. Gunakan api kecil. Aduk dengan whisk balloon atau sendok kayu, hanya sampai meleleh, jangan sampai mendidih. Matikan api. Angkat.
5. Masukkan gula, aduk sampai gula tercampur dan larut. Masukkan telur dan vanilla, aduk hingga rata. ( Jika menggunakan mixer, gunakan kecepatan rendah, dan kocok sebentar saja )
6. Masukkan tepung dan yoghurt. Aduk / kocok rata sebentar. Masukkan sebagian adonan ke dalam loyang ( Sisakan adonan kurang lebih 1/3.
7. Sendokan adonan creamcheese kebeberapa bagian ( beri jarak ) diatas adonan brownies. Kemudian sendokan sisa adonan brownies tadi, di antara jarak creamcheese. Lalu gunakan ujung pisau atau tusuk gigi / tusuk sate untuk membuat pola marble. **contoh ada di photo bawah.
8. Panggang adonan selama kurang lebih 30 - 35 menit. Dengan test tusuk pada bagian cokelat ( brownies ) saja. Karena untuk bagian creamcheese akan tetap basah jika keadaan panas.

Note :
1. Untuk bahan cheesecake bisa menggunakan 1 butir telur utuh dan 1 sdm tepung terigu, jika adonan cheesecake diinginkan padat hasilnya.







--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Dan untuk Teman, membuat : Bolu Gulung dan Brownies Kukus Ketan Hitam dengan resep dari Ricke ´Bunda Nadhifa` Indriani, Makasih banyak Bunda dengan rese Browkus ini, saya sudah sering buat, temen - temen dan yang nyoba selalu bilang Soooo Lckerrrrrr ! .. Ijin link resepnya ya Bund ... resep disini :)

Brownies Kukus Ketan Hitam
source Ricke ´Bunda Nadhifa´ Indriani










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...